Minggu, 05 Juli 2015

HANJUANG ATAU ANDONG

HANJUANG ATAU ANDONG 

Hanjuang (Cordyline) atau andong (bahasa Jawa) merupakan sekelompok tumbuhan monokotil berbatang yang sering dijumpai di taman sebagai tanaman hias. Marga Cordyline memiliki sekitar 15 jenis. Sistem APG II memasukkan hanjuang ke dalam suku Laxmanniaceae. Namun, beberapa pustaka lain memasukkannya ke dalam Liliaceae (suku bakung-bakungan) serta Agavaceae.

Nama hanjuang juga dipakai untuk sekelompok tumbuhan dari marga Dracaena.

Daun hanjuang khas, berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Cordyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena).

Jenis
Kebanyakan jenis Cordyline merupakan tanaman hias karena warna daunnya yang berubah menjadi merah jika mendapat sinar matahari langsung. Beberapa jenisnya:

Cordyline australis
Cordyline banksii
Cordyline fruticosa syn. C. terminalis (hanjuang biasa)
Cordyline haageana
Cordyline indivisa
Cordyline obtecta syn. C. kaspar, C. baueri dari Selandia Baru
Cordyline pumilio
Cordyline stricta
Kegunaan
Hanjuang Cordyline sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan teh atau kina di Indonesia. Hanjuang, terutama C. fruticosa, populer sebagai tanaman hias. Daun hanjuang dipakai sebagai pembungkus makanan. Hasil penelitian menunjukkan, bungkus daun hanjuang memiliki kemampuan antibakterial.

Dalam masyarakat Sunda, Jawa, serta Bali, hanjuang memiliki makna sebagai "pembatas ruang", baik secara harafiah maupun filosofis.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Hanjuang
Apa sih khasiat dan manfaat tanaman Hanjuang? Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai khasiat daun hanjuang dan pada artikel lanjutan ini mengupas manfaat lain tanaman hanjuang.

daun hanjuangTanaman hanjuang memiliki bentuk tegak, jarang bercabang, dengan kisaran tinggi 2-4 meter. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan teh. Daunnya yang berbentuk lanset lebar memiliki variasi warna merah tua, merah kecoklatan atau hijau. Tanaman ini mempunyai bunga yang berbentuk malai dengan ukuran panjang sekitar 30 cm, berwarna hijau keunguan atau kuning muda. Adapun bentuk buah hanjuang menyerupai bola dan berwarna merah. Daun hanjuang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan dan menurut hasil penelitian memiliki kemampuan antibakterial.

Pada lingkungan masyarakat Sunda, Jawa, serta Bali, hanjuang memiliki makna sebagai “pembatas ruang”, baik secara harafah maupun filosofis.

Pembudidayaan tanaman hanjuang dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu menggunakan cara stek batang atau stumb. Cara stek digunakan dengan memakai batang tanaman yang keras sepanjang 5-10 cm. Adapun cara stumb dilakukan dengan membuang daun yang ada terlebih dahulu dan memasukkan sepertiga tanaman kedalam tanah.Tanaman hanjuang mudah untuk dipelihara. Cukup dengan penyiraman atau dengan menjaga kelembaban tanah, kalapun mau bisa dilakukan pemupukan terutama pupuk dasar.

Beberapa bagian tanaman hanjuang yang dapat digunakan untuk pengobatan  adalah bunga, akar dan daun.
Khasiat tumbuhan hanjuang (sumber : Ir. W.P.Winarto, 2007, Tanaman Obat Indonesia, Untuk Pengobat Herbal, Jilid 1, Karyasari Herba Media, Jakarta), diantaranya adalah :
1. Mengobati TBC Paru Dengan Batuk Berdarah
Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
2. Ancaman Keguguran Kandungan, Menstruasi Yang Banyak, Air Kemih Berdarah dan Wasir Berdarah
Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
3. Mengobati Nyeri Lambung dan Mengobati Nyeri Ulu Hati
Daun 15-30 gram, atau bunga 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
4. Mengobati Air Kemih Berdarah dan Mengobati Tidak Menstruasi
Daun segar 60-100 gram atau akar 30-60 gram direbus dan diminum
5. Mengobati Radang Gusi
Kulit dikikis, diberi garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit
Kontra Indikasi : Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tanaman obat ini

Demikian manfaat dan khasiat lain tanaman hanjuang. Perusahaan Cintek sebagai produsen minuman tradisional khas priangan menggunakan ikon hanjuang memiliki harapan bahwa produk-produk minuman seperti bandrek, bajigur, sakoteng, beas cikur, dan minuman berempah lainnya membawa manfaat dan khasiat juga bagi yang menikmatinya.

REF,https://id.wikipedia.org/wiki/Hanjuang
http://www.hanjuang.com/khasiat-dan-manfaat-tanaman-hanjuang.html

1 komentar: